Rabu, 04 Juni 2014

Business Intelligence

1.BI (Business Intelligence) adalah sebuah proses pengumpulan data dan mengubah data tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat berguna,serta bisa digunakan bagi seseorang atau bagi sebuah organisasi.Perusahaan atau seseorang yang menggunakan BI bisa memperoleh nilai lebih dalam penggunaan informasi untuk peningkatan kinerja bisnia ,sehingga dalam penggunaannya Business intelligence bisa memberikan anggaran biaya yang efisien serta memberikan banyak informasi untuk berbagai macam keperluan.

2.Berikut kegunaan Business Intelligence antara lain adalah:
-Membantu dalam analisa dalam perilaku konsumen, pola pembelian produk dan trend penjualan pasar
-Mengukur,melacak,dan memprediksi jumlah penjualan dan kinerja keuangan
-Membantu dalam Penganggaran, perencanaan keuangan dan pengambilan keputusan strategi
-Mengetahui kinerja kegiatan pemasaran
-Optimalisasi proses dan kinerja operasional
-Meningkatkan efektifitas pengiriman dan supplying
-Membantu analisa CRM (Customer Relationship Management)
-Membantu analisa Resiko
-Membantu analisa nilai strategis
-Membantu analisa lingkungan

3.Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan proses implementasi BI gagal:
-Perencanaan yang kurang matang
Dalam merencanakan sebuah BI,dibutuhkan sebuah perencanaan matang dikarenakan BI membutuhkan kerja sama para staff organisasi agar BI sendiri dapat terwujud dengan efisien dan stabil.Apabila di dalam organisasi pada staff tidak bisa bekerja sama untuk merencanakan, menerapkan BI atau membangun BI itu sendiri,maka tentu saja BI tidak bisa berjalan dengan baik
-Kualitas data yang tidak/kurang baik
BI tidak akan dapat digunakan dengan baik apabila ada data yang dianalisis merupakan data yang tidak bagus kualitas-nya atau tidak diketahui fakta dan kebenarannya.Data yang tidak bagus akan menghasilkan informasi yang kurang tepat dalam pengambilan keputusan dan tentu saja bisa mengakibatkan hal yang fatal
-Kurangnya mengantisipasi terhadap pe-rubahan di organisasi
Dalam pengimplementasian-nya sistem BI memerlukan beberapa perubahan yang terkadang membutuhkan banyak sumber daya,maka dari itu perusahaan harus dapat menyediakan sumber daya yang cukup ketika BI sudah mulai dijalankan          

4.Lebih efektifnya BI,BI memiliki aplikasi sendiri yang bisa digunakan oleh seorang end user,yang nantinya end user dapat menggunakan data yang ada sesuai dengan kebutuhan untuk pekerjaan mereka .Akan tetapi,meskipun end user memiliki akses untuk memakai BI,end user tetap harus mengolah data agar nantinya tidak muncul data yang tidak diperlukan.
Untuk mengantisipasi hal tersebut,maka analisis yang berorientasi proses harus dijalankan.Berikut bagaimana proses analisa yang dilakukan:
-Informasi
Informasi apa yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan dan personil yang terlibat didalam sebuah tugas atau pekerjaan
-Format
Bagaimana informasi harus disampaikan ke personil terkait untuk dukungannya,apakah dengan lapoeran kertas sudah cukup,atau butuh tabel grafik,dan sebagainya.
-Fungsionalitas
Sebagai pelengkap dalam penyampaian informasi,kita melihat apakah penerima informasi masih perlu untuk menelusuri informasi yang telah diberikan,atau informasi tersebut belum cukup untuk penerima informasi? Apakah informasi tersebut memberikan benar memberikan sebuah informasi bearti bagi penerima informasi tersebut.

5.Metode perancangan sistem business intelligence:
-1.Justification : Proses pengukuran kebutuhan bisnis perusahaan yang dapat menimbulkan proyek pembangunan baru.
-Business Case Assessment
Masalah, peluang, dan solusi BI harus dapat didefinisikan dan diusulkan. Setiap aplikasi BI yang dibangun oleh perusahaan harus disesuaikan dengan biaya yang ada dan dijelaskan keuntungan dari aplikasi BI tersebut secara jelas untuk apa kegunaannya,mengenai penyelesaian masalah bisnis atau pengambilan keputusan untuk perusahaan
-2.Planning : Pengembangan model strategi dan rencana
-Enterprise Infrastructure Evaluation
Sebuah pemilihan infrastruktur perusahaan harus dapat mendukung aplikasi BI.
-Project Planning
Metode pengambilan keputusan BI bersifat dinamis,sehingga dapat mengubah ruang lingkup staff organisasi, anggaran perusahaan, teknologi, yang bisa berdampak pada kesuksesan sebuah proyek dalam perusahaan.
-3.Business Analysis : Proses yang menampilkan sebuah rincian analisis dari masalah sehingga bisa memperoleh sebuah solusi yang baik.
-Project Requirement Definiton
Bentuk dari bermacam-macam kebutuhan untuk pengambilan keputusan BI yang merupakan bagian dari project requirement definition.
-Data Analysis
Memilah semua sumber data agar dapat menjadi sebuah bahan pertimbangan dari keseluruhan proyek pengambilan keputusan BI.
-Application Prototyping
Membuat sebuah contoh yang bisa memperlihatkan kira-kira bagaiman sebuah proyek akan berjalan
-Metadata Repository Analisis
Proses dilakukannya perancangan pada metadata dari tiap dimensi dan fakta,serta Perancangan ini pun harus memenuhi kebutuhan dari model meta logical.
-4.Design : memahami bentuk produk yang akan digunakan oleh perusahaan
-Database Design
Proses dilakukannya perancangan database untuk menyimpan data bisnis tergantung dari laporan yang masuk ke perusahaan. Skema perancangan database harus cocok dengan kebutuhan informasi dari bisnis perusahaan.
-ETL Design
Proses ETL merupakan satu kesatuan dari proses pendukung keputusan business intelligence.
-5.Construction : Membangun produk yang menyediakan return of investment dengan waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan dalam implementasinya
-ETL Development
Proses dimana adanya banyak alat yang tersedia untuk melakukan proses ETL, tergantung pada kebutuhannya untuk membersihkan data atau untuk melakukan ubah data.
-Application Development
Proses dimana pembangunan aplikasi dapat dengan mudah diselesaikan karena adanya proses prototyping,sehingga hasil aplikasi akan lebih efisien karena telah adanya uji coba
-Data Mining
Proses pengambilan dan pencarian data yang bisa menjadi informasi berguna
-Metadata Repository Development
Proses untuk membangun sebuah tempat penyimpanan metadata


binus.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar